Sketsa Senja


download

Bayu membelai menirus halus

Melambai permai dahan terbius

Gugur daun kering mendengking

Berserak terinjak tiada bergeming

 

Terpaku aku pada sketsa senja

Menatap jejak nadir sepenggal surya

Nan laun sirna di balik mega

Sisakan elok di cakrawala

 

Merebah raga berpeluh

Setelah berkelana di negeri jauh

Cekat malam hampiri diri

Padamlahย tabir bara hari

 

Muhammad Ridwan Na’im | Tangerang, 31 Desember 2015

Ada apa dengan Ramadhan? #1

Ramadan-2016-Mubarak-Celebration-Card

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Huft, sekian lama udah ga ngepost. Blog udah berdebu nih kayaknya. Hehehe๐Ÿ˜€

Mumpung masih Bulan Ramadhan, kali ini ana akan bahas sedikit tentang bulan suciย ini. Apa sih pengertian Ramadhan? Mengapa Bulan Ramadhan begitu spesial? Apa saja keutamaannya?

Langsung aja yuk, cekidot๐Ÿ˜€

 

 

PENGERTIAN PUASA RAMADHAN

Ramadhan berasal dari kata ‘Ramadh’ yang artinya ‘panas batu (akibat sinar matahari)’. Lah, mengapa dinamakan demikian?

Karena pada zaman dahulu kala, Bangsa Babyloniaย menggunakanย luni-solar calendar (penghitungan tahun berdasarkan bulan dan matahari sekaligus) sehingga bulan kesembilan selalu jatuh pada saat musim panas, dan Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam Kalender Islam. Pada saat itu, siang hari lebih lama dari malamnya. Namun, pada saat umat Islam menggunakanย kalender berbasis bulan, yang rata-rata 11 hari lebih pendek dari kalender berbasis matahari, bulan Ramadan tak lagi selalu bertepatan dengan musim panas. Kini, Ramadhan sendiri bisa berarti Ramidha yang artinya ‘keringnya mulut akibat haus dan dahaga’ (Yusuf Burhanudin, 2007: 03).ย Atau kita mengenal arti panasnya Bulan Ramadhan sebagai kiasan, yakni membakar dosa-dosa yang telah lalu. Sedangkan makna lain dariย Bulan Ramadhan adalah bulan segala kebaikan: bulan ampunan, bulan tarbiyah (pembinaan), bulan dzikir dan doa, bulan Al-Qurโ€™an, bulan kesabaran, bulan dakwah dan jihad. Masih banyak lagi makna-makna lain bulan Ramadhan yang memberikan tambahan kebaikan dan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan dunia dan akhirat kaum beriman. Allaahu a’lam.

Nah, itu pengertian Ramadhan. Lalu ada apa dengan Bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan pastinya identik dengan yang namanya puasa. Apa sih puasa itu?

Jangan sampai kita puasa, tapi kita sendiri gak tau apa arti puasa. Hihihi๐Ÿ˜€

Puasa berasal dari kata Ash-Shiaam atau Ash-Shoum yang berarti Imsaak atau menahan. Sedangkan pengertian secara istilah, puasa adalah menahan diri dari segala perbuatan yang membatalkan puasa (seperti makan, minum, hubungan suami-istri, muntah dengan sengaja, dari terbit fajar hingga terbenam matahari).

Itu artinya Puasa Ramadhan adalah puasa yang dikerjakan pada bulan Ramadhan. (You don’t say) wkwkw :v

Et nanti dulu! Puasa Ramadhan itu sendiri adalah salah satu rukun islam yang disebutkan dalam HR. Bukhari:

Islam itu dibangun di atas lima perkara. Persaksian bahwa tiada Tuhan (yang diibadahi) kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, dan mendirikan shalat, membayar zakat, ibadah haji, dan puasa ramadhan

(HR. Bukhari)

Atau dalam hadits yang lebih zhohir (jelas) perintahnya, terdapat pada HR. Ahmad dan Nasa’i:

โ€œAkan datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan mubarak. Allah mewajibkan di dalamnya berpuasa. Pada bulan itu dibukakan untuk kalian pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka, setan-setan dibelenggu, serta pada salah satu malamnya terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan, yaitu lailatul qadar. Barangsiapa yang terhalang untuk mendapatkan kebaikan di bulan itu, maka ia telah terhalang selamanya.โ€

(HR. Ahmad dan Nasaโ€™i)

Dengan demikian Puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi umat islam yang baligh, berakal, sehat, dan tidak sedang berpergian jauh. Barangsiapa mengingkari, maka dia kafir. Dan barang siapa yang meninggalkannya tanpa alasan syar’i, maka dia berdosa besar. Na’udzubillah.

SURAT AL-BAQARAH:183

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู ุงู„ุตูู‘ูŠูŽุงู…ู ูƒูŽู…ูŽุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ููƒูู…ู’ ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุชูŽุชูŽู‘ู‚ููˆู†ูŽ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Loh kok yang diseru cuma ‘Orang-orang yang beriman’? Mengapa Allah tidak berseru dengan kalimat: ‘Hai manusia’ atau ‘Hai orang-orang muslim’?

Karena hanya orang berimanlah yang mampu melaksanakan ibadah puasa dengan baik. Puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga loh. Puasa juga menahan dari segala perbuatan tercela seperti meng-ghibah, nafsu melihat lawan jenis, bertikai atau adu mulut, melakukan perbuatan yang tidak bermanfaat, berkata kasar, mencuri, berbohong, dan masih banyak perbuatan tercela lainnya.

“Berapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga.”

(HR. Ibnu Majah)

Nah, semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang pada hadits di atas.

Lalu bagaimana ciri-ciri orang yang beriman itu?

  1. Bila disebut nama Allah, hatinya bergetar.
  2. Jika dibacakan ayat-ayatNya, maka keimanan mereka bertambah.
  3. Bertawakkal kepada Allah
  4. Mendirikan shalat.
  5. Berinfaq.

Ciri-ciri di atas adalah ciri-ciri orang beriman menurut QS. Al-Anfal ayat 2-4. Sebenarnya tidak hanya sebatas itu. Masih banyak ciri-ciri lainnya dalam Al-Qur’an. Cari sendiri yaa :p

Nah, lebih uniknya, ternyata puasa pernah dilakukan oleh umat sebelum umat Nabi Muhammad SAW.

ูƒูŽู…ูŽุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ููƒูู…ู’…

“…sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu…”

Siapa sajakah mereka?

  • Puasa Nabi Daud as.

Dalil:

ุฃูŽุญูŽุจู‘ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ุงูŽุฉู ุฏูŽุงูˆูุฏูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงู…ู ูˆูŽุฃูŽุญูŽุจู‘ู ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตููŠูŽุงู…ู ุฏูŽุงูˆูุฏูŽ : ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽู†ูŽุงู…ู ู†ูุตู’ููŽ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู…ู ุซูู„ูุซูŽู‡ู ูˆูŽูŠูŽู†ูŽุงู…ู ุณูุฏูุณูŽู‡ู ูˆูŽูŠูŽุตููˆู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ูˆูŽูŠููู’ุทูุฑู ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง

Dari Abdullah bin Amru radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, โ€Shalat (sunnah) yang paling dicintai oleh Allah adalah shalat (seperti) Nabi Daud as. Dan puasa (sunnah) yang paling dicintai Allah adalah puasa (seperti) Nabi Daud alaihissalam. Beliau tidur separuh malam, lalu shalat 1/3-nya dan tidur 1/6-nya lagi. Beliau puasa sehari dan berbuka sehari. (HR. Bukhari).

  • Puasa Maryam

Dalil:

ููŽูƒูู„ููŠ ูˆูŽุงุดู’ุฑูŽุจููŠ ูˆูŽู‚ูŽุฑู‘ููŠ ุนูŽูŠู’ู†ู‹ุง ููŽุฅูู…ู‘ูŽุง ุชูŽุฑูŽูŠูู†ู‘ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุจูŽุดูŽุฑู ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง ููŽู‚ููˆู„ููŠ ุฅูู†ู‘ููŠ ู†ูŽุฐูŽุฑู’ุชู ู„ูู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุตูŽูˆู’ู…ู‹ุง ููŽู„ูŽู†ู’ ุฃููƒูŽู„ู‘ูู…ูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุฅูู†ุณููŠู‘ู‹ุง

Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.” (QS. Maryam: 26)

Dan karena sedang berpuasa yang tidak membolehkan makan, minum dan berbicara itulah maka ketika ditanya tentang siapa ayah dari putera yang ada di gendongannya, Maryam saat itu tidak menjawab dengan perkataan. Maryam hanya menunjuk kepada Nabi Isaโ€™, anaknya itu, lalu Nabi Isa yang masih bayi itu pun menjawab semua pertanyaan kaumnya.

ูŠูŽุง ุฃูุฎู’ุชูŽ ู‡ูŽุงุฑููˆู†ูŽ ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุจููˆูƒู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽ ุณูŽูˆู’ุกู ูˆูŽู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุฃูู…ู‘ููƒู ุจูŽุบููŠู‘ู‹ุง ููŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽุชู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูƒูŽูŠู’ููŽ ู†ููƒูŽู„ู‘ูู…ู ู…ูŽู† ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽู‡ู’ุฏู ุตูŽุจููŠู‘ู‹ุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุขุชูŽุงู†ููŠูŽ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจูŽ ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽู†ููŠ ู†ูŽุจููŠู‘ู‹ุง

Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”, maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?” Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. (QS. Maryam : 28-30)

  • Puasa Katholik
  • Puasa Yahudi

Itulah beberapa umat terdahulu yang pernah diwajibkan berpuasa. Namun tentu saja tata cara pelaksanaannya berbeda. Puasa yang diwajibkan atas umat Nabi Muhammad SAW lebih ringan, sedikit, dan ada waktu sahurnya.

Lanjut ke konteks terakhir.

ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุชูŽุชูŽู‘ู‚ููˆู†ูŽ…

“…agar kalian bertaqwa.”

Kalimat terakhir inilah ย yang menjadi tujuan dilakukannya berpuasa. Yakni, menjadikan orang beriman naik level ke level “al-muttaqiin” atau orang yang bertaqwa. Bertakwa adalah mentaati perintahNya serta menjauhi laranganNya. Puasa sendiri adalah mencegah perbuatan keji dan munkar. Dari situlah orang-orang beriman diuji agar mencapai derajat taqwa.

ุฅูู†ูŽู‘ ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู…ูŽูƒูู…ู’ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽุชู’ู‚ูŽุงูƒูู…ู’

“…Sesungguhnya orang yang mulia di sisi Allah adalah orang yang bertaqwa.”

(QS. Al-Hujurat:13)

Lalu apa saja sih keutamaan orang yang bertaqwa?

  1. Bersegera dalam memohon ampun ketika berbuat dosaย kepada Allah dan meminta maaf bila melakukan kesalahan terhadap sesama manusia. (QS. 3:133,135)
  2. Tidak kikir, mau berinfaq di saat lapang maupun sempit. (QS. 3:134)
  3. Bisa menahan amarah.ย (QS. 3:134)
  4. Mudah memaafkan orang lain.ย (QS. 3:134)
  5. Selalu berbuat baik sepanjang hidupnya.ย (QS. 3:134)
  6. Selalu menepati janji. (QS. 3:76)
  7. Sabar dalam menerima cobaan. (QS. 2:177)
  8. Tidak sombong dan tidak berbuat kerusakan di bumi. (QS. 28:83)
  9. Selalu ingat kepada Allah (QS. 33:41, 3:190-191)
  10. Selalu berhati-hati dengan tindakan karena takut azab Allah. (QS. 21:48-49)

 

JANJI ALLAH UNTUKย ORANG YANG BERTAQWA (QS. Ath-Thalaq ayat 2-5)

Nah, ini sesi terakhir nih. Sesi yang in syaa Allah sangat memotivasi. ย :D

  1. Dimudahkan jalan keluar baginya
  2. Diberikan rizki yang tidak terduga
  3. Dicukupkan keperluannya
  4. Dimudahkan keperluannya
  5. Dihapuskan kesalahan-kesalahannya dan dilipatgandakan pahalanya.

Maa syaa Allah, sungguh luar biasa tujuan dari puasa dan sungguh janji yang luar biasa dari Allah untuk hambaNya yang bertaqwa.

Dengan demikian, sampai disini dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya ana pribadi. Semoga dapat memotivasi kita untuk memaksimalkan ibadah kita di sembilan hari terakhir Ramadhan ini.

Aamiin

Bersambung ke episode 2๐Ÿ˜€

Jazakumullaah khairan katsiiraa

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

Jarak Mencipta Rindu


LDR

Melangut kala jarak bertaut

Lepas haru kala bersua

Cipta kidung senandung rasa

Kala temu lalu terenggut masa

ย 

Api rindu bergejolak

Senyum merekah bak mawar mewangi

Berdua merangkai sajak

Tiada jemu hampiri diri

ย 

Cipta, rasa, dan karsa

Obati lelah dan luka

Hingga hati terperanjat

Detak detik ‘kan renggut jumpa

ย 

Hanya asa tersisa

Semoga ada lain jumpa

Meski hati bergumam

Caci waktu nan kejam

El Mariachi | Tangerang, 01 Januari 2016

Malam Bersyair


Gemerlap kristal langit

Menyanding bulan berbentuk arit

Hati tiada bisa berkelit

‘Tuk lukiskan dalam bait

ย 

Raga berhikayat

Tak peduli meski dingin menyengat

Meski sunyi mencuat

Senantiasa hati bermunajat

ย 

Sukma berpaut

Aku terhanyut

Kidung malam menyulut

Syahdu senandung sungut

ย 

Lelah aku bersyair

Sementara detik terus bergulir

Terbuai, hati berpelesir

Hingga lupa disapa mair

ย 

El Mariachi | Tangerang, Desember 2015

Aku dan Mawar


13369624471931723670
Termangu aku gilakan rupa
Rekah mawar mewangi sambut bentala
Ria!
Gegap gempita
Laksana kerlip gemintang nirwana

Namun mawar laun menghitam
Rapuh kelopak, tersirak berserak
Hatiku bergumam
Lekas sekali indahmu beranjak

Mawar hitam telah gugur
Aku risau, lara tiada terlipur
Kudendangkan syair elegi
Menunggu seribu mawar rekah berseri

El Mariach | Tangerang, Desember 2015